AGAMA-AGAMA DUNIA

BENARKAH ISLAM MERUPAKAN AGAMA YANG CEPAT BERKEMBANG

Salah satu topik menarik kaitan dengan agama-agama dunia adalah pertumbuhan Islam sebagai agama dan pemeluknya. Beberapa sumber memperdebatkan jumlah pertumbuhan dan perkembangan Islam di dunia. Pew Research Center menyebutkan bahwa pertumbuhan yang mencolok terjadi pada Islam yang diperkirakan tumbuh dua kali lipat untuk kisaran tahun 2010 hingga 2050.  Pew Research Center mendasarkan penemuannya pada data sederhana yakni yang menyangkut data demografi masyarakat Muslim.

49. KPI

Pew Research Center mencatat bahwa masyarakat Muslim di dunia telah meningkat sebesar 73% – dari 1,6 miliar pada 2010 sehingga diperkirakan pada 2050 pertumbuhannya akan menjadi 2,8 milyar. Adapun dasar dari data dan perkiraan Pew Research Center antara lain: (1) jumlah keturunan yang relatif besar. Rata-rata wanita Muslim memiliki 3 orang anak pada setiap keluarga dibanding wanita Kristen yang memiliki 2 anak dari setiap 7 keluarga, dan wanita dari agama lain yang hanya memiliki 2 anak dari tiap 3 keluarga.  (2) Umat Islam memiliki masyarakat yang rata-rata lebih muda yakni 23 tahun dibanding agama-agama lain yang berusia 30 tahun.

Laporan CNN menyebutkan bahwa agama Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang setelah Kristen. CNN mendasarkan pada pertumbuhan Muslim di Amerika di mana dalam 12 tahun terakhir sudah 80 persen Masjid telah dibangun di Amerika dari total 1.200 masjid. CNN juga melaporkan bahwa Islam juga berakar pada komunitas Kristen tradisional. Sednagkan yang menarik adalah bahwa visi pertobatan Islam telah banyak menarik minat orang Afrika-Amerika untuk masuk Islam. 50. KPI

Sementara itu situs Religious Tolerance juga mengumpulkan data yang sama. Samuel Huntington sendiri menggambarkan peningkatan pertumbuhan Umat Islam dunia sebesar 30 persen dibanding Kristen yang berjumlah 25 persen. Sementara itu U.S. Center for World Mission mencatat selisih tipis tingkat pertumbuhan Umat Islam dan Kristen di mana peningkatan pertumbuhan Umat Islam sebesar  2,9 persen dibanding kristen sebesar 2,3 persen.

Namun demikian data-data tersebut memiliki beberapa data pembandingnya. Dr. Todd M. Johnson menyebutkan bahwa Kristen merupakan agama yang tetap memiliki trend pertumbuhan lebih tinggi dari Islam. berdasarkan trend pada 1990 dan 2000, maka pertumbuhan Umat Kristen akan meningkat menjadi 3.022.623.000 atau meningkat 35.5 persen dibanding Umat Islam yang pemeluknya berjumlah 1.716.091.000 atau hanya meningkat 20.2 persen.

Agama apa yang tumbuh paling cepat? Saya kira jawabannya tidak penting. Yang terpenting saat ini adalah toleransi antar pemeluk agama yang harus ditingkatkan. Semua agama saat ini memiliki musuh yang sama yakni politikus yang tirani, kemiskinan, terorisme yang mengatasnamakan agama, dan Perang Dunia.

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!