BIOGRAFI TOKOH

BIOGRAFI SINGKAT AL-KINDI

Al-Kindi merupakan seorang Filosof Muslim pertama yang menguasai berbagai disiplin keilmuan. Ia dilahirkan pada 801 M dan meninggal pada 973 M. Nama lengkapnya sebenarnya adalah Abu Yūsuf Yaʻqūb ibn ʼIsḥāq aṣ-Ṣabbāḥ al-Kindī, dan di Barat dikenal juga dengan nama Alkindus. Tak terbayangkan betapa jeniusnya ia, sampai-sampai ia menguasai berbagai disiplin ilmu seperti; fisika, medis, aritmatika, meteorologi, psikologi, astrologi, astronomi, geometri, dan musik. Wow, keren ya!!!

Tokoh yang satu ini dikenal karena kemasyurannya dalam menguasai berbagai bidang ilmu. Tentu saja al-Kindi dapat menguasai berbagai disiplin ilmu karena ia termasuk Tim inti dalam proses penerjemahan karya-karya Filsafat Yunani. Diceritakan bahwa salah satu khalifah dari Dinasti Abbasyiyah yakni Khalifah al-Ma’mun yang memerintah pada 813-833 M mendirikan sebuah lembaga penerjemahan yang khusus menerjemahkan karya-karya Filsafat Yunani.

Ummat Islam harus mencatat jasa al-Kindi di dalam menerjemahkan dan sekaligus memperkenalkan karya-karya Filsafat Yunani ke dalam Dunia Islam. demikian juga Dunia Barat juga perlu berterimakasih kepada para filosof Muslim seperti al-Kindi, karena berkat penerjemahan tersebut, khazanah keilmuan Yunani yang telah direvisi dan diperkaya oleh para Filosof Muslim dapat dinikmati hingga saat ini.

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!