BIOGRAFI TOKOH

BIOGRAFI SINGKAT IBNU SINA

Tokoh yang satu ini memiliki potensi, kemampuan, dan kecerdasan yang luar biasa. Terlahir dengan nama lengkap Abu Ali Al-Husein ibn Abdullah ibn Al-Hasan ibn Ali ibn Sina dan terkenal dengan panggilan Ibnu Sina, dan di Barat lebih dikenal dengan Avicenna. Lahir di desa Afsyanah, dekat Bukhara, Transoxiana, Persia Utara pada 370 H atau 980 M.

Ibnu Sina terkenal dengan ingatan yang tajam dan kecerdasan yang luar biasa. Bayangkan saja, pada usia 10 ia telah mampu menghafal Al Quran, sastra Arab. Konon katanya, Kitab Metafisika karangan Aristoteles dapat ia hafal. Tidak mengherankan, karena ingatan dan kecerdasannya tersebut, pada usia 16 tahun ia telah banyak menguasai ilmu pengetahuan, sastra arab, fikih, ilmu hitung, ilmu ukur, filsafat dan bahkan ilmu kedokteran yang dipelajarinnya sendiri.

Sangat luar biasa, di usianya yang masih 18 tahun, ia telah memiliki profesi dalam berbagai bidang seperti; Guru, Penyair, Filosof, Pengarang, dan Dokter. Kemampuannya dalam dunia pengobatan sangat termasyur sehingga ia pernah diundang untuk mengobati Sultan Samanid di Bukhara yakni Nuh ibn Manshur.

Hebatnya lagi, Ibnu Sina tercatat telah menghasilkan karya-karya cemerlang. Bayangkan saja, karya-karya yang ditinggalkannya tidak kurang dari 267 karya, baik kitab maupun risalah. Hebat ya! Orang-orang sekarang mana ada yang bisa seperti itu.

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!