PERADABAN ISLAM

KERAJAAN MUGHAL

Asal Usul

Dalam Sejarah Peradaban Islam diketahui banyak kerajaan yang dikenal dengan berbagai peradabannya, salah staunya adalah beradaban Islam di India yaitu padamasa Kerajaan Mughal. Keberadaaan kerajaan Mughal di India telah banyak memberi motivasi kepada kebangkitan baru bagi peradaban tua di India yang nyaris hampir tenggelam. Sebagaimana dapat diketahui bahwa wilayah India adalah suatu wilayah dimana tempat tumbuhnya dan berkembang peradaban  yang sangat terkenal yaitu peradaban Hindu. Dengan adanya kerajaan Mughal, maka kejayaan India yang memiliki perradaban Hindu yang nyaris tenggelam kembali muncul ke permukaan.

Dalam kehidupan masyarakat Arab, India dikenal sebagai Sinds atau Hind. Sebelum datangnya Islam, India dan Arab telah memiliki hubungan perdagangan dengan masyarakat Arab. Pada saat Islam datang ke India hubungan perdagangan yang terjadi antara India dan Arab terus dilakukan. Akhirnya Indiapun perlahan-lahan bersentuhan dengan Agama baru yaitu agama Islam yang dibawa oleh orang Arab yang datang ke India untul melakukan hubngan perdagangan. India yang sebelumnya memiliki peradaban Hindu sekarang semakin kaya dan terkenal dengan peradaban yang dipengaruhi oleh peradaban Islam. Oleh sebab itu penting untuk diketahui dan ditelaah secara ringkas eksistensi Kerajaan Mughal di India yang sangat identik dengan peradaban Hindu.

Asal usul kerajaan Mughal di India adalah berawal dari kesultanan Delhi, sebab ia merupakan pertanda puncak perjuangan panjang yang dilakukan untuk membentuk sebuah imperium India Muslim yang didasarkan pada sebuah sintesa antara warisan dari bangsa Persia dan India. Pada awal Islam masuk ke India yaitu pada masa Umayyah, yakni pada masa pemerintahan Khalifah al-Walid I (705-715) melalui ekspedisi yang dipimpin oleh seorang panglima Muhammad Ibn Qasim pada tahun 711-712, pada saat ini merupakan awal mulai tumbuhnya peradaban Islam dan berkembang menyebar di India.

Kedatangan pasukan Ghaznawiyah dibawah pimpinan Sultan Mahmud kemudian mengembangkan kedudukan Islam di wilayah ini sehngga berhasil menaklukkan seluruh kekuasaan Hindu dan serta merta meng-Islamkan sebagian masyarakat India yang pada masa itu banyak yang beragama Hindu pada tahun 1020 M. setelah Ghaznawiyah hancur muncul pula beberapa dinasti kecil pada saat itu yang menguasai negeri India ini, seperti Dinasti Khalji (1296-1316 M), Dinasti Tuglug pada tahun (1320-1412), Dinasti Sayyid (1414-1451), dan Dinasti Lodi (1451-1526).

Hal ini menunjukkan bahwa kerajaan Mughal merupakan kerajaan Islam yang merupakan kelanjutan dari kerajaan Islam terdahulu di India. Jika pada dinasti sebelumnya Islam belum menemukan kejayaanya, maka kerajaan mughal ini justru menjadi bersinar dan berjaya. Keberadaan kerajaan mughal pada periodesasi dalam sejarah Islam dikenal sebagai masa kejayaan kedua setelah sebelum itu mengalami kecemerlangan pada masa dinasti Abbasiyah.

Pendiri

Kerajaan Mughal didirikan oleh Zahirudin Babur, seorang keturunan Timur Lenk. Ayahnya bernama Umar Mirza adalah penguasa Farghana. Sedang ibunya keturunan  Jengis Khan. Menurut Abu Su’ud, Timur Lenk pernah pergi ke India pada tahun 1399 M, namun karena iklim yang tidak cocok akhirnya ia meninggalkan India.

Babur bukanlah orang India. Syed Mahmudunnasir menulis,”Dia bukan orang Mughal didalam memoarnya dia menyebut dirinya orang Turki”. Akan tetapi cukup unik dinasti yang didirikannya dikenal dengan dinasti Mughal. Sebenarnya Mughal, menjadi sebutan umum bagi para petualang yang suka perang dari daratan Persia di Asia Tengah. Berdasarkan pendapat tersebut sesuatu yang dapat disepakati bahwa kerajaan Mughal merupakan warisan kebesaran Timur Lenk dan bukan warisan keturunan India yang asli. Meskipun demikian, dinasti Mughal telah memberikan warna tersendiri bagi peradaban India yang sebelumnya sangat identik dengan peradaban dan memeluk agama Hindu.

Faktor Berdirinya Kerajaan

Babur mewarisi daerah Furghana dari orangtuanya ketika babur masih kecil saat berusia 11 tahun. Babur memiliki ambisi dan bertekad akan menaklukkan Samarkand yangmenjadi kota penting di Asia pada saat itu. Pada masa awalnya Babur mengalami kekalahan, akan tetapi karena Babur mendapatkan bantuan dari Raja Safawi Ismail I, maka akhirnya Babur berhasil menaklukkan Samarkand pada tahun 1504 M. babur menduduki Kabul sebagai Ibu kota Afganistan. Pengambilan alih kekuasaan yang dilakukan oleh Zahiruddin Babur dari dinasti Lodi yang dipimpin oleh Ibrahim Lodi yang tengah berkuasa pada saat itu di India.

Pada saat itu di India tengah dilanda krisis sehingga stabilitas pemerintahan menjadi kacau. Alam Khan paman dari Ibrahim Lodi, bersama-sama Daulat Khan, yang merupakan gubernur Lahore, mengirim utusan ke Kabul yang meminta bantuan Babur untuk menjatuhkan pemerintahan Ibrahim di Delhi. Babur berhasil menaklukkan Punjab pada tahun 1525, kemudian pada tahun1526. Dalam pertempuran di Panipar, Babur memperoleh kemenangan dari tangah Ibrahim Lodi. Ibrahim sendiri terbunuh pada pertempuran tersebut. Babur bersama pasukannya memasuki kota Delhi untuk menegakkan pemerintahan di kota ini. Dengan ditegakkannya pemerintahan Babur di kota Delhi, maka berdirilah kerajaan Mughal di India pada tahun 1526 M.

Dari apa yang telah dipaparkan tersebut maka dapatlah disimpulkan bahwa factor berdirinya kerajaan Mughal di India adalah sebagai berikut; (1) ambisi dan karakter Zahiruddin Babur sebagai pewaris keperkasaan ras Mongolia, (2) sebagai jawaban atas krisis yang tengah melanda India.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!