PEMBAHARUAN ISLAM

KRITIK SEYYED HOSSEIN NASR ATAS MODERNITAS

Melalui dirinya, lahirlah kemudian istilah tradisionalisme Islam di era modern. Sekilas seolah-olah maknanya adalah menghadirkan nilai-nilai tradisional Islam di era modern, tapi apa benar demikian. Mari kita simak uraian singkat ini.

Nasr pernah menyatakan tiga hal penting yakni:

1. Ilmu pengetahuan modern bukan satu-satunya pengetahuan yang sah atau yang mewakili ilmu tentang tatanan alam semesta. Ilmu p pengetahuan modern hanya bentuk penyederhanaan dari ilmu pengetahuan alam. Ia sah hanya dalam tataran asumsi dan premis-premis pikiran.

2. Peradaban Islam tidak bisa hanya sekedar meniru ilmu dan teknologi Barat yang dapat menghancurkan itu. Ada bagian-bagian tertentu yang sangat jelas bahwa ilmu pengetahuan modern jelas bertentangan dengan pandangan dunia Islam.

3. Bahwa ilmu pengetahuan manusia itu tidak bebas nilai.

Nasr memang banyak mengkritik peradaban Barat modern, dan menariknya adalah kekuatan kritik Nasr tersebut lahir karena persahabatan Nasr dengan karya-karya Muslim Klasik seperti Ibnu Sina dengan filsafat Paripatetiknya, Suhrawardi dengan filsafat Illuminasionisme, dan Ibn ‘Arabi dengan pemikiran ‘Irfaniyahnya.

Dengan demikian, tradisionalisme Islam di era modern bukan berarti menghadirkan budaya tradisional atau klasik di era modern, akan tetapi lebih pada menghadirkan nilai-nilai kemanusiaan yang masih genuine atau asli, yang masih memposisikan manusia sebagai makhluk yang mulia, dan bukan manusia sebagai penghancur.

Hal ini karena Nasr menilai bahwa konsepsi-konsepsi kemanusiaan dalam pemikiran dan imajinasi pemikir Muslim Klasik dapat dijadikan peta jalan bagi manusia-manusia Barat modern kala mengalami kebuntuan dan kegersangan tatkala mereka terkungkung oleh modernitas.

Sumber gambar: gazetawarszawska.com

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!