AGAMA-AGAMA DUNIA

PENINGKATAN JUMLAH IMIGRAN YAHUDI KEMBALI KE ISRAEL: YAHUDI BALIK KAMPUNG

Ternyata ada juga cerita tentang balik kampung pada orang Yahudi. Tetapi kali ini bukan fenomena balik kampung layaknya Umat Islam merayakan Hari Raya di kampung halaman, akan tetapi mereka adalah para imigran Israel yang telah tinggal di Amerika dan Eropa yang harus kembali ke Israel karena berbagai alasan.

Menurut catatan Jews Virtual Library, terjadi peningkatan kepulangan imigran Yahudi ke Israel. Di tahun 2014 eksodus tersebut mencapai 26.500 orang, sedangkan di tahun 2016 eksodus tersebut mencapai 29.715. Majalah The Guardian menyebut bahwa pada 2016 jumlah kepulangan orang Yahudi dari Ukraina dan Rusia ke Israel mencapai 40%. Sedangkan jumlah kepulangan Yahudi di Inggris ke Israel mencapai 43% dari total orang Yahudi di Inggris sekitar 300.000 orang. Sementara menurut majalah Haaretz, pada 2016 terjadi eksodus imigran Yahudi Perancis ke Israel dengan jumlah 8000 orang, dan dari Belgia telah terjadi eksodus dengan jumlah 295 orang. Bagaimana dengan orang Yahudi di Amerika? Menurut The Jerusalem Post, jumlah kepulangan imigran Yahudi ke Israel mencapai 59% di mana dari 10 orang, 7 orang yahudi kembali ke Israel.

Sungguh merupakan jumlah yang besar. Akankah hal itu mengingatkan kita kepada sejarah Umat Yahudi yang eksodus dari Mesir ketika Mesir di bawah kekuasaan Fir’aun? Mengapa hal ini terjadi ya?

Sumber gambar: thedailybeast

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!