SAINS

PERKIRAAN PROSES PEMBENTUKAN BUMI

Sebagaimana pada artikel sebelumnya yakni PERKIRAAN USIA BUMI, Bumi diperkirakan telah terbentuk sejak lebih dari 4,6 miliar tahun yang lalu. Lantas bagaimana perkiraan proses pembentukan Bumi?

Bumi diperkirakan terbentuk dari beberapa unsur yaitu sejenis awan gas (sebagian besar hidrogen dan helium) ditambah debu antar bintang yang membentuk matahari, dan sisa dari sistem tata surya dan galaksi. Bahkan, Bumi masih membentuk dan mengalami pendinginan dari ledakan galaksi yang menciptakan bintang lain dan sistem planet di galaksi kita. Proses ini diperkirakan dimulai sekitar 13,6 miliar tahun yang lalu ketika Galaksi Bima Sakti Mulai terbentuk.

Seperti hukum tata surya kita yang datang bersama-sama, matahari terbentuk di dalam awan debu dan gas yang terus menyusut serta dengan gaya gravitasi tersendiri. Hal ini menyebabkannya menjalani proses fusi dan mengeluarkan cahaya, panas dan radiasi lainnya. Selama proses ini, awan sisa gas dan debu yang mengelilingi matahari mulai membentuk benjolan kecil yang disebut planetesimal, yang akhirnya dibentuk menjadi planet yang kita kenal sekarang.

Adapun radius Bumi adalah sekitar 6.371 km dan radius inti adalah sekitar 3.486 km (jari-jari inti adalah sekitar 1.217 km & endash; sedikit lebih dari dua-pertiga dari radius Bulan). massa Bumi adalah sekitar 5.973×1024 kg, dan kepadatan rata-rata adalah 5,515 g/cm^3. Kepadatan khas batuan benua adalah sekitar 2,7 g/cm^3. Hitungan kerak bumi kurang dari satu setengah dari satu persen massa planet ini. Kulit Bumi menyumbang sekitar 84% dari volume Bumi, tapi inti Bumi mengandung hampir 70% dari massa planet Bumi.

Sumber gambar: blueplanetheart.it
Sumber artikel: ecology.com
http://eqseis.geosc.psu.edu/

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!