SAINS

PERKIRAAN USIA BUMI

Berapakah usia Bumi ini? judul ini menggunakan kata perkiraan karena memang tidak ada yang tahu persis tentang awal permulaan Bumi, kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai Pencipta Alam Semesta.

Tetapi tidak ada keterangan sama sekali juga tidak bagus dampaknya bagi manusia, karena keterangan dibutuhkan untuk melahirkan keterangan-keterangan berikutnya yang dirasa lebih dekat terhadap “kebenaran” perspektif manusia, sekali lagi “perspektif manusia”.

Para ilmuan mulai menebak usia Bumi dengan meneliti benda-benda yang ada di Bumi. Ilmuan yang meneliti batuan karang menyimpulkan bahwa Bumi ini telah berusia sekitar 4.54 miliar tahun. Diceritakan oleh space.com, batuan karang tertua yakni Acasta Gneisses ditemukan di Barat Laut Kanada dekat Danau Great Slave yang usianya diperkirakan 4.03 miliar tahun. Selain dari batu, para ilmuan juga meneliti dari meteor yang pernah jatuh ke Bumi. Lebih dari 70 meteor jatuh ke Bumi yang menurut penelitian dengan menggunakan radiometrik, usia meteor tersebut diperkirakan berkisar antara 4.4 sampai 4.5 miliar tahun.

Sementara itu talkorigins.org juga menguraikan bahwa studi dari batuan tertua dari Precambrian shields menunjukkan bahwa bumi lebih tua dari sekitar 3,8 miliar tahun. Geologi dari batuan tertua juga menunjukkan bahwa ada waktu yang cukup sejarah bumi sebelum 3,8 miliar tahun yang lalu yang tidak ada catatan geologi datanya sekarang ada. Metode K-Ar menyebutkan bahwa bahwa penelitian atas batu meteorit memperkirakan bahwa usia batu meteorite berkisar 400 juta hingga 5 miliar tahun.

Jika perkiraan tersebut tidak meleset, berarti Bumi yang kita diami ini sudah sangat tua ya?

Sumber gambar: www.9hdw.com

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!