SAINS

PROBLEMA PENDIDIKAN MADRASAH

[toc title=”Pembahasan dalam Artikel ini Meliputi:” title_tag=”strong” list=”ol” depth=”1″]

Standarisasi Mutu Pendidikan dalam Era Global

Menyangkut “identitas atau distingsi” Islam pada era globalisasi. Madrasah sebagai sekolah umum yang berciri khas Islam, dinilai belum secara nyata memiliki kemampuan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran dan desain kurikulumnya.

Problema Pendidikan Madrasah Secara Umum

Mochtar Buchori:
Kegagalan pembelajaran agama disebabkan praktik pendidikan hanya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai agama dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemauan dan tekat untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama.
Muhammad Maftuh Basuni
Pendidikan agama yang berlangsung saat ini cenderung lebih mengedepankan aspek kognitif (pemikiran) daripada afektif (rasa) dan psikomotorik (tingkah laku).
Menurut Azyumardi Azra
Para eksponen lembaga-lembaga pendidikan Islam terlihat tidak terlalu tergesa-gesa mentranformasikan perubahan kelembagaan Islam, tetapi cenderung mempertahankan kebijaksanaan yang penuh kehati-hatian, mereka menerima pembaharuan atau modernisasi secara terbatas tanpa harus melakukan perubahan sistem pendidikan Islam secara menyeluruh.

Detail Problema Pendidikan Madrasah

Sumber Daya
Sumber daya guru-guru madrasah belum digiring kepada penguasaan bidang keahlian. Sebagai contoh misalnya satu jenis jurusan kesarjanaan dapat memberikan beberapa materi ajar.
Pengelolaan
Pengelolaan madrasah yang berorientasi kepada masyarakat telah melahirkan keanekaragaman  pengelolaan sehingga sulit untuk dicarikan standar untuk meningkatkan mutu  pendidikan.

Badarussyamsi

Pendiri Website Kajian Pemikiran Islam. Dosen IAIN STS Jambi dan Analis Masalah Sosial Keagamaan

Related Posts

  1. Budi Herti S.Ag. says:

    Menurut saya para sarjana-sarjan banyakA yang memiliki ilmu tapi tidak memeiliki keterampilan yang akan di aplikasiakan ditengah masayarakat yang sekarang , terjadi di dalam kehidupan nyata yang membutuhkan sentuhan kreatifitas-kkreatifitas sarjana yang sangat bermutu untuk menunjang pembangunan baik itu dibidang pendidikan maupun di berbagai hal lini kehidupan saat ini , yang mana para sarjana harus bisa menggembangkan diri dengan potensi yang ia miliki , sekian dari saya Budi Herti. pasca sarjan IAIN STS Jambi PAI NON REGULER.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!