ISLAM DAN KEBUDAYAAN

UNSUR BUDAYA ISLAMI DALAM TRADISI BACA BARZANJI

By: Marlina

marlinaSeiring berjalannya waktu kita  telah sampai pada bulan Rab‘iul Awwal. Pembaca tau tradisi apa yang tak pernah ditinggalkan oleh Ummat Islam? Tentu saja hal yang tak pernah ditinggalkan Ummat Islam ialah perayaan Mauled Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, yang mana kelahiran beliau jatuh pada tahun 571 M, di Kota Mekah. Beraneka ragam perayaan yang dilakukan Ummat Islam dalam mengapresiasi perayaan ini. Sebagaimana ini bertujuan untuk mewujudkan kecintan ummat kepada Nabinya. Secara tidak langsung hal ini sudah membudaya bagi Ummat Islam itu sendiri.

Nabi Pernah Bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang sehingga aku menjadi orang yang paling dicintainya dari pada ananknya, orang tuanyan dan manusia semuanya” (HR. Bukhari).

Maulid Nabi menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh Ummat Islam, dari berbagai penjuru dunia untuk dirayakan. Hal ini tentulah bertujuan untuk menunjukan rasa cinta ummat kepada Nabinya. Bagaimana tidak, sejak kelahiran beliau di muka bumi ini beliaulah yang menjadi tonggak awal dimulainya ajaran Islam, di mana ummat manusia sebelumnya yakni kaum Quraisy Mekah hidup dalam budaya yang tak bermartabat.

Dalam perayaan Maulid Nabi, pembaca tentu tau ada hal yang tak perah dilewatkan yaitu pembacaan Barzanji. Berdasarkan temuan penulis, pembacaan Barzanji sering dilantunkan dengan iringan kompangan, hadrah, maupun rebana, di mana mana ketiga alat musik tradisional ini ditujukan untuk lagu bernuansa keislaman.

Pernahkah pembaca mencari tahu mengapa amalan tersebut menjadi amalan rutin dalam memperingati hari kelahiran Nabi? Pembaca budiman, yuk kita kupas satu persatu hingga kita menemukan benang merah akan amalan yang telah menjadi tradisi ini.

Berzanji adalah sebuah syair-syair pujian terhadap Nabi yang sarat dengan makna-makan lughawi (bahasa dan sastra Arab) yang susah untuk dipahami di dalamnya. Namun itu dapat dipahami dengan adanya syarah kitab al-Barzanji, yaitu kitab Madarij  al-Shu’ud karya Syekh Nawawi al-Bantani.

Kitab Barzanji ini adalah hasil karya  sastrawan yang bernama Syeh Ja’far bin Hasan bin abd al-Karim bin as-Sayyid Muhammad bin Abd ar-Rasul al-Barzanji ibn abd as-Sayyid abd  ar-Rasul bin Qolandri bin Husain bin Ali bin Abi Thalib r.a. Beliau lahir di Madinha tahun 1690 M dan wafat tahun 1766 M.

Dalam kitab ini tertulis sejarah Nabi Muhammmad mulai pada silsilahnya, masa beliau kecil, remaja, dewasa, dan sampai diangkat menjadi Rasul serta lantunan pujian-pujian kepada Nabi, sanjungan-sanjungan terhadap Nabi dan sifat-sifat Nabi yang tiada tandingannya bagi manusia setelahnya. Kitab ini bertutur tentang sirah Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam saja yang bertujuan memberi keteladanan bagi ummatnya sendiri.

Di zaman sekarang ini pembacaan Barzanji bukan saja amalan rutinitas perayaan Maulid Nabi, tetapi juga dilakukan pada acara syukuran atas kelahiran bayi, khitanan, pernikahan dan lain sebagainya. Hal ini merupkan salah satu sarana Ummat Islam dalam menyalurkan rasa cintaa kepada Nabinya untuk mendapatkan secercah keluhuran beliau.

Tidak sempurna kecintaan kita kepada Nabi tanpa meneladani segala perilaku dan sifat yang dicontohkan beliau.  Oleh karenanya kita harus mampu memahami literatur yang memuat riwayat hidup beliau yang mana salah satunya dengan adanya Kitab al-Barzanji ini. Melalui karya satra ini pandangan hidup Islam disosialisasikan sehingga dapat menjadi basis fundamental bagi kebudayaan masyarakat. Tata nilai yang Islami maupun yang bukan, sudah menjadi denyut jantung kehidupan dalam bermasyarakat sehingga erat pula kaitannya dengan kebudayaan itu sendiri.

Melalui artikel ini hendaknya pembaca akan lebih memahami akan kegunaan Kitab Barzanji tersebut pada perayaan Maulid Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Kita yang membaca kitab tersebut hendaklah dapat memahami isinya. Meskipun tidak dapat memahami secara keseluruhan, paling tidak kita dapat memahami lantunan-lantunan yang terdengar oleh kita.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!